Monday, June 19, 2017

UAS Praktek SQL

Assalamualaikum Wr. Wb

Kali ini saya akan memposting tugas akhir matakuliah Praktek SQL.
Tugas akhir kami ini berjudul “Sistem Informasi Perpustakaan berbasis Web”
Tugas ini disusun oleh :
1.      Fathul Umam (201553059)
2.      Ahmad Isnan Wahyudi (201553064)
3.      M. Naffiuddin (201553071)
4.      Andreanus W.W (201553079 )
5.      Prakoso W (201653119)

Pada aplikasi yang kami buat pada kesempatan kali ini, kami menggunakan PHP sebagai bahasa pemrograman serta SQL Server sebagai database. Dalam aplikasi ini terdapat 5 tabel, yaitu tabel anggota, tabel peminjaman, tabel buku, tabel jenisbuku dan tabel user.

Gambar Relasi Antar Tabel

Gambar Koneksi Ke Database SQL Server

       I.            I. Hak Akses User Umum (Public User)
1.         Pada tugas yang kami buat ini, terdapat 3 user, yaitu : user umum, kepper (kepala perpus), admin. User umum disini hanya bisa melihat data buku dan mencari data buku berdasarkan judul dan penerbit yang ada pada sistem perpus ini.


è Merupakan tampilan awal pada saat pertama website dibuka, disini terdapat form untuk login admin/kepala perpus, serta terdapat tombol cari.

è Merupakan tampilan pada saat menjalankan pencarian berdasarkan judul /  penerbit

       I.            II. Hak Akses Administrator (admin)

1.      Setelah admin mengisi username dan password pada form yang telah disediakan, maka akan tampil halaman hak akses Admin. Yang pertama yaitu pada data buku.

è Dalam tampilan ini akan tersedia button input data, hapus dan edit. Yang akan dijelaskan pada gambar selanjutnya.

è Form input disini diisi oleh Admin. Kemudian simpan dengan klik button simpan.

è Pada form edit buku disini admin dapat mengganti semua record yang ada kecuali pada ID buku, karena di gunakan sebagai primary key maka ID buku dibuat Readonly.

è Pada button ini, admin tinggal klik button kemudian akan muncul peringatan “Apa anda yakin, data ini akan dihapus” kemudian ketika akan dihapus admin hanya klik OK.
1.      Hak akses admin yang lain adalah pada halaman anggota, sama seperti pada data master buku, disini admin bisa input, edit dan hapus data anggota.
Gambar Data Anggota


è Pada form ini admin mengisikan data mulai dari nim sampai tahun masuk, kemudian klik button simpan.

è P ada form edit anggota disini admin dapat mengganti semua record yang ada kecuali pada nim, karena di gunakan sebagai primary key maka nim dibuat Readonly.

è Pada button ini, admin tinggal klik button kemudian akan muncul peringatan “Apa anda yakin, data ini akan dihapus” kemudian ketika akan dihapus admin hanya klik OK.

2.      Admin disini juga dapat menginputkan data, edit dan hapus data pada halaman Denda.

è Fungsi button akan di jelaskan pada gambar selanjutnya

è Pada edit data denda, yang dapat diubah hanya nominal denda sedangan id jenisbuku dan jenis buku dibuat readonly sehingga tidak menimbulkan penggandaan data

è Pada button ini, admin tinggal klik button kemudian akan muncul peringatan “Apa anda yakin, data ini akan dihapus” kemudian ketika akan dihapus admin hanya klik OK.

3.      Admin bertugas menginputkan data peminjaman, edit peminjaman dan hapus peminjaman yang ada pada halaman peminjaman.

è Terdapat button input, edit dan hapus data
Gambar Input Data Pinjam

Gambar Hapus Data Pinjam

       I.            Hak Akses Kepala Perpus (Kepper)
                

1.      Kepala perpus mengisi Username dan password pada form yang telah disediakan pada halaman utama saat membuka website.

Kemudian akan muncul halaman selanjutnya yaitu pada data master buku, disini kepala perpustakaan hanya dapat melihat data buku.
Gambar Data Profil Kepala Perpustakaan.
2.      Pada tampilan selanjutnya adalah profil, disini kepala perpustakaan bisa melihat data profil dirinya sediri.

Kemudian pada button edit kepala perpus dapat mengganti record kecuali pada id user dan level.
3.      Halaman User admin disini ada beberapa fungsi, yaitu edit, hapus input data dan reset password. Reset Password disini du=igunakan oleh kepala perpus untuk mengembalikan password admin kembali ke default yang ada, semisal password Admin 1 diubah menjadi ‘1234567’ dst.
Gambar Halaman Data Admin
 Input Data Admin

Edit Data Admin

Hapus Data Admin
4.      Ubah password digunakan oleh kepala perpus untuk mengubah password admin dari default ke password yang baru.

Yang perlu dilakukan kepala perpustakaan hanya menginputkan password baru sedangan username akan tetap sama.
Gambar Ubah Password

5.      Hak akses selanjutnya dari kepala perpustakaan disini adalah melihat laporan. Disini kepala perpus dapat langsung mencetak laporan yang ada.
Gambar Laporan Buku Masuk
Disini kepala perpustakaan dapat mencetak laporan buku yang masuk keperpustkaan yang diurutkan berdasarkan tanggal masuk buku tersebut.
Gambar Pilihan Laporan Perbulan
Disini laporan peminjaman perbulan dapat dilihat atau dicetak dengan cara memilih bulan terlebih dahulu kemudian klik button cetak.
Gambar Cetak Laporan Peminjaman perbulan

Gambar Laporan Buku Yang Belum Dikembalikan
Disini kepala perpus bisa mencetak lapora buku yang belum dikembalikan atau dengan status ‘pinjam’.

Untuk link download skrip program ada disini.
https://drive.google.com/file/d/0ByFya70qCZYAWmhTb2VvY3MyZzA/view?usp=sharing

Demikianlah tugas akhir PSQL kami, apabila masih terdapat kekurangan mohon maklum adanya.
Wassalamualaikum Wr. Wb

No comments:

Post a Comment